Skip to main content

Mudik Pakai Pesawat Pribadi, Ini Harga Sewanya . Daftar sewa pesawat dan helikopter di Indonesia

Lebaran selalu menjadi ajang menjalin silaturahmi dengan keluarga. Itu sebabnya mudik ke kampung halaman menjadi ritual wajib para perantau setiap tahun.

Bagi segelintir orang, mudik dengan mobil pribadi atau pesawat komersial sudah tak lagi terasa nyaman, atau bahkan sudah terlalu biasa. Mereka butuh sarana angkutan yang lebih baik. Jet pribadi, helikopter, atau mobil mewah pun dilirik.

 Mudik Jakarta-Bandung Pakai Helikopter, Tarif Rp 16,5 Juta

Tarif sewa yang selangit bukan masalah bagi para pemudik premium ini. Setidaknya ini terlihat pada PT White Sky Aviation yang menyewakan helikopter Bell 429 untuk keperluan mudik. Menurut pejabat Pengembangan Bisnis White Sky, Rikartajaya, helikopter berkapasitas enam penumpang itu sudah habis dipesan untuk rute Jakarta-Bandung.

Laris-manisnya penyewaan helikopter ini ditopang oleh diskon besar yang diberikan White Sky. "Kami memberikan tarif khusus Rp 14 juta per unit, belum termasuk biaya pendaratan dan pajak," kata Jaya ketika dihubungi Tempo, Jumat pekan lalu, 16 Juni 2017. Tarif ini jauh lebih rendah dibanding tarif normal sebesar Rp 41 juta.

Pemberian potongan harga yang sangat besar tersebut, ucap dia, bertujuan untuk memperkenalkan moda helikopter sebagai moda alternatif. "Harga khusus tersebut juga kami berikan saat akhir tahun," kata dia. White Sky, yang mengusung merek Helicity, menyediakan empat jadwal penerbangan pulang-pergi Jakarta-Bandung mulai pukul 07.00.

Soal tempat keberangkatan, ujar Jaya, biasanya helikopter terbang dari Bandara Halim Perdanakusuma dan mendarat di beberapa helipad di Bandung. "Detail lokasi helipad bisa dilihat di situs web Helicity," dia menyebutkan.

Situs web e-commerce BliBli.com juga menawarkan sewa helikopter Bell 407 dengan tarif Rp 53-159 juta per unit. Helikopter ini dapat mengangkut lima penumpang. Menurut Head of Trade Partnership PT Global Digital Niaga, pemilik BliBli.com, Lay Ridwan Gautama, rentang harga tersebut disesuaikan dengan lama sewa dan tujuan.

"Penyewaan helikopter sudah tersedia sejak akhir tahun lalu. Tujuannya Bandung dan Bali," ujar Lay. Berdasarkan data di situs BliBli.com, sudah ada yang menyewa helikopter tersebut. Sayangnya, tidak ada yang memberikan ulasan.

Untuk rute mudik yang lebih jauh, para pemudik bisa menyewa jet pribadi. Bank BNI tahun ini menawarkan mudik dengan pesawat jet pribadi bagi pemilik kartu BNI World Emerald Debit. "Mudik dengan pesawat komersial itu biasa, tapi ini pengalaman naik jet pribadi," kata Direktur Komersial Konsumer BNI, Anggoro Eko Cahyo di kantornya.

Menurut dia, World Emerald adalah segmen tertinggi dari kartu debit BNI. "Mungkin ada orang yang tidak tahu cara naik jet pribadi, atau tidak pernah terpikir, kami bantu fasilitasi," kata Anggoro. Kuota untuk sewa jet pribadi ini sebanyak 100 kursi. Adapun pemesanan sudah bisa dilakukan mulai 9 Juni 2017.

Terdapat sembilan tujuan penerbangan yang ditawarkan BNI, yakni Yogyakarta, Cilacap, Solo, Surabaya, Pangkalan Bun, Denpasar, Lombok, Ujung Pandang, dan Singapura. Semua rute dilayani pesawat Phenom 300 yang berkapasitas enam kursi dan Hawker 900 XP yang berkapasitas delapan kursi. "Bisa mengajak keluarga, kolega, dan teman," Kepala Pengembangan Bisnis Wealth Management BNI, Ahmad Syamsul, menimpali.

Pesawat yang disewa tidak harus diisi satu keluarga. Pengguna bisa berkongsi dengan orang lain. Keuntungan berikutnya dari penyewaan ini adalah penumpang dapat menentukan jam keberangkatan. Dari Jakarta, pesawat terbang dari Bandara Halim Perdanakusuma dan mendarat di bandara yang sama dengan pesawat komersial di kota tujuan, kecuali Singapura di Bandara Selatar. "Kuota terpenuhi enam atau delapan orang, baru jalan," kata Syamsul.

Tarif sewa pesawat untuk tujuan Yogyakarta, Cilacap, dan Solo dengan jet Phenom 300 sebesar Rp 151,2 juta dan Pesawat Hawker 900 XP Rp 189 juta. Sedangkan penerbangan ke Surabaya dan Pangkalan Bun dibanderol Rp 213,3 juta (Phenom 300) dan Rp 276,7 juta (Hawker 900 XP).

Tujuan Denpasar dan Lombok Rp 316 juta (Phenom 300) serta Rp 364,5 juta (Hawker 900 XP). Ke Makassar seharga Rp 405 juta (Phenom 300) dan Rp 465,7 juta (Hawker 900 XP). Adapun ke Singapura Rp 405 juta (Phenom 300) dan Rp 411,7 juta (Hawker 900 XP).

"Pembayaran sewa pesawat jet dapat menggunakan cicilan BNI. Dan, laiknya pesawat komersial, penumpang akan mendapat makanan.

Popular posts from this blog

VISTA X-62A

pesawat VISTA X-62A yang dikembangkan oleh Lockheed Martin dengan menggunakan kecerdasan buatan (AI). Pesawat ini menjadi pesawat taktis pertama yang melibatkan AI dalam operasinya. VISTA adalah singkatan dari Variable In-flight Simulation Test Aircraft dan merupakan pesawat latih yang dikembangkan oleh Lockheed Martin Skunk Works bekerja sama dengan Calspan Corporation untuk TPS USAF. Pesawat VISTA memungkinkan pengembangan dan pengujian teknik kecerdasan buatan secara paralel dengan desain kendaraan baru tanpa awak. Dengan menggabungkan pengujian terfokus pada sistem kendaraan baru saat diproduksi, pesawat ini dapat mematangkan platform dengan cepat dan memberikan kemampuan yang relevan secara taktis kepada prajurit. Pesawat VISTA X-62A merupakan modifikasi dari pesawat F-16D Block 30 Peace Marble Il dengan peningkatan avionik Block 40. Kemampuan sistem misi baru dengan VSS, MFA, dan SACS menekankan pengembangan dan integrasi algoritme pesawat otonom yang maju. Inti dari sistem SACS

Plan Your Travel Time - Avoid Travel Delays With a Jet Aircraft Charter

If you have a vacation or even a business trip coming up and you just want to get where you’re going and not have to worry about delays, changing planes or having to land at an airport that’s farther away from your destination, you might enjoy the comfort of a jet aircraft charter. When you charter your own aircraft, you’re the only one or group on the plane. Many businesses use these services, but many other people taking a vacation never gave it a second thought. Now might be the time if you want to make it to your destination when you want to get there. Plan Your Travel Time When you use a jet aircraft charter, you can choose when you leave, when you arrive and what airport you would like to arrive at when you land. You can get closer to your destination because many commercial planes can only land where designated while private charters can land at many different airports that aren’t on the commercial airlines schedule. This means that your travel plans are on your time and not

Low Cost Airlines in the USA

1. Southwest Airlines Southwest Airlines Co. is a major U.S. airline and the world's largest low-cost carrier, headquartered in Dallas, Texas. The airline was established in 1967 and adopted its current name in 1971. The airline has nearly 46,000 employees as of December 2014 and operates more than 3,400 flights per day. As of June 5, 2011, it carries the most domestic passengers of any U.S. airline. As of November 2014, Southwest Airlines has scheduled service to 93 destinations in 41 states, Puerto Rico and abroad. Southwest Airlines has used only Boeing 737s, except for a few years in the 1970s and 1980s, when it leased a few Boeing 727s. As of August 2012, Southwest is the largest operator of the 737  ...more on Wikipedia 2  JetBlue JetBlue Airways Corporation, stylized as jetBlue, is an American low-cost airline. The company is headquartered in the Long Island City neighborhood of the New York City borough of Queens, with its main base at John F. Kennedy Internation